Bagaimana Anak Anda Akan Memperlakukan Anda?


Dahulu kala tinggallah seorang nenek di tepi hutan. Sang nenek tinggal serumah dengan anak, menantu, dan seorang cucunya.

Semasa mudanya ketika suaminya telah meninggal dunia sang neneklah yang menghidupi keluarganya. Ia bekerja keras membanting tulang demi kelangsungan hidup ia dan puteranya.

Ketika menjelang usia senja, si nenek mulai sakit-sakitan. Anak dan sang menantu sudah tak tahan mengurusi si nenek. Terbersitlah rencana jahat anak dan sang menantu berencana untuk menyingkirkannya.

Paginya Dua orang durhaka ini berencana membawa sang nenek di tengah hutan. Dengan alasan jalan-jalan mencari udara segar, anak dan si menantu mengajak sang nenek pergi ke tengah hutan. Mereka pergi sambil membawa sebuah kurungan. Kebetulan tanpa di sengaja saat itu cucunya melihat, karena curiga dengan kurungan tersebut akhirnya si cucu membuntuti mereka dari belakang.

Di tengah hutan sang cucu melihat kedua orang tuanya memasukkan si nenek ke dalam kurungan dan meninggalkannya pergi begitu saja. Setelah kedua orang tuanya tak terlihat, barulah dengan sedih ia membebaskan sang nenek dan menempatkannya di suatu tempat yang lebih aman. Kemudian sang cucu pulang sambil membawa kurungan tersebut.

Setelah kembali ke rumah dan bertemu kedua orang tuanya, ia berkata, “Ayah Ibu saya menemukan kurungan ini di tengah hutan”

Mendengar kata-kata tersebut kedua orang tuanya saling berpandangan, mereka mengira sang nenek telah mati dimakan binatang buas, maka dengan begitu rencana untuk menyingkirkan sang nenek telah berhasil.

Kemudian ayahnya bertanya, “Lalu untuk apa kurungan seperti itu kamu bawa pulang, anakku?”

si anak menjawab, “Akan aku simpan ayah, kelak jika ayah dan ibu telah setua nenek dan sakit-sakitan, kurungan ini akan kupakai untuk ayah dan ibu sama seperti sekarang ayah memperlakukan nenek” Mendengar itu kedua orang tuanya terkejut dan malu. Akhirnya mereka menangis dan tersadar

oOo

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS : Luqman : 14)

oOo
Jika Kita ingin anak- anak kita berbakti ( birrul walidain) . Jadilah Kita anak yang berbakti kepada orang tua kita.

Jangan berharap anak-anak kita kelak mau melakukan hal yang baik kepada kita, jika kita sendiri tak memperlakukan orang tua sendiri dengan baik pula.

Semoga Tuhan membalas perlakuan kita tersebut dengan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Aamiin.

Baca juga:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Artikel Motivasi, Kehidupan, Keluarga, Kisah, Kisah Hikmah, Motivasi dan tag , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Bagaimana Anak Anda Akan Memperlakukan Anda?

  1. NRD Group berkata:

    Blog yang BAGUS, semoga dapat berbagi kebaikan dengan berbagi inspirasi…

    Semoga SELALU SEMANGAT meraih CITA-CITAnya dan selalu SEMANGAT dalam BERIBADAH…

    Kalau ada yang membutuhkan bantuan segala tentang Jas, Busana Kantor, atau segala tentang Pakaian silahkan kunjungi http://www.grosirjaskerja.wordpress.com
    semoga selalu lebih baik selalu.
    http://www.grosirjaskerja.wordpress.com

  2. gunawank berkata:

    Artikel sangat bagus………..
    cerita singkat, padat, sarat ma’na.

    Salam kenal,
    by: http://gunawank.wordpress.com/2011/01/24/tips-meningkatkan-google-page-rank/

  3. imroee berkata:

    apakah nenek itu meninggal?

  4. Erfi Indah Januarita berkata:

    سبحان ألله والحمدلله ولااله إلاالله الله أكب
    استغفر الله العظيم..

    “Ya Allah, jadikanlah kami hamba-hamba-Mu yang pandai mensyukuri nikmat Iman dan Islam yang telah Engkau anugerahkan kepada kami. Wafatkanlah kami dalam keadaan senantiasa berserah diri kepada-Mu. Karuniakanlah kepada kami hidup bahagia dan abadi di surga-Mu kelak bersama para Nabi, orang-orang jujur, para syuhada, orang-orang sholeh lainnya dan tentunya bersama anak-isteri/suami-orangtua-saudara kami semua.”
    آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ آمِّيْنَ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s